Bagaimana generasi muda me-manage uang demi kebutuhan

https://unusa.ac.id

Bagi generasi millenial mengatur pengeluaran bulanan sepertinya menjadi hal yang tidak mudah bagi sebagian kalangan. Banyak pendapat mengatakan bahwa generasi millenial atau generasi muda zaman sekarang adalah generasi yang paling payah dalam mengatur keuangan. Hal ini dikarenakan bahwa generasi millenial memiliki gaya hidup yang berbeda dengan generasi sebelumnya. Budaya konsumtif menjadi faktor utama gagalnya manajemen keuangan yang seharusnya diterapkan. Tidak hanya itu, generasi muda cenderung lebih banyak menghabiskan uangnya pada barang yang bersifat keinginan atau FOMO daripada yang bersifat kebutuhan.

Perencanaan kebutuhan merupakan landasan pertama untuk menerapkan manajemen keuangan dalam kehidupan sehari-hari. Hidayatul Khusnah, S.Pd, M.Sc dosen akuntansi Universitas Nahdlatu Ulama Surabaya ini menjelaskan bahwa, merancang pengeluaran dalam 1 bulan kedepan bisa membantu meghemat pengeluaran. “Pertama yang bisa kita lakukan yakni membuat planning/rancangan belanja dalam 1 bulan kedepan, apa saja yang merupakan kebutuhan pokok yang harus dibeli pada bulan tersebut," tuturnya. Menurutnya generasi millenial tidak semua memiliki kecenderungan konsumtif, namun millenial juga memiliki tingkat kreatifitas yang tinggi, hal ini bisa membantu menunjang pemasukan mereka sendiri. “Selain memang kebanyakan millenial juga terbilang konsumtif, namun mereka juga kreatif, jadi sebenarnya itu bisa jadi tambahan pemasukan bagi mereka,” ungkapnya. “Namun kita tidak bisa memukul rata semua millenial itu boros, semua bergantung pada kebiasaan mereka dalam mengelolah keuangan,” katanya mengimbuhkan.

Mempelajari Manajemen keuangan untuk generasi muda merupakan bekal untuk mencapai kemandirian finansial di masa depan. Investasi juga merupakan salah satu alternatif pengelolaan keuangan yang harus dimulai sejak dini untuk mencapai berbagai tujuan keuangan di masa yang akan datang dengan lebih mudah. 

Website 




Komentar

Postingan populer dari blog ini

Sejarah kota lama surabaya

Peran mahasiswa dalam kepedulian lingkungan untuk kesehatan dan perwujudan Indonesia emas.